$type=grid$count=3$cate=0$rm=0$sn=0$au=0$cm=0 $show=home

Kelezatan Kuliner Kota Solo : Menjelajahi Ragam Wisata Kuliner

BAGIKAN:

Solo terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya yang lezat dan beragam.

Kota Solo, yang juga dikenal sebagai Surakarta, adalah salah satu kota yang kaya akan sejarah dan budaya di Jawa Tengah, Indonesia. Selain warisan budaya yang kaya, Solo juga terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya yang lezat dan beragam. Melalui artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa hidangan khas yang memikat lidah di kota ini.

Nasi Liwet

Salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Solo adalah nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, telur, tempe, dan tahu serta ditambah dengan sambal terasi. Rasanya yang kaya akan rempah membuat hidangan ini menjadi pilihan favorit di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan.

Sate Buntel

Sate buntel adalah hidangan sate khas Solo yang terbuat dari daging sapi cincang yang dibalut dengan lemak dan kulit ayam. Daging yang diolah dengan bumbu rempah khas Jawa memberikan cita rasa yang unik dan lezat. Sate buntel biasanya disajikan dengan lontong, bawang goreng, dan sambal kecap, menciptakan kombinasi rasa yang memanjakan lidah.

Soto Triwindu

Soto Triwindu adalah versi soto khas Solo yang terkenal dengan kuahnya yang kental dan aromanya yang harum. Soto ini biasanya disajikan dengan potongan daging ayam, tauge, telur rebus, dan kerupuk, serta diberi taburan bawang goreng dan seledri. Rasanya yang gurih dan hangat membuat Soto Triwindu menjadi hidangan yang sangat cocok dinikmati di waktu santai.

Es Dawet Ayu

Untuk hidangan penutup, Es Dawet Ayu adalah pilihan yang sempurna. Dawet adalah jenis cendol yang terbuat dari tepung beras dan santan, disajikan dengan gula merah cair dan santan. Es Dawet Ayu biasanya ditambahkan dengan potongan alpukat dan nangka serta es serut, menciptakan sensasi segar dan manis yang menyegarkan.

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman tradisional khas Solo yang terbuat dari jahe, gula merah, dan bahan lainnya yang direbus bersama. Di dalamnya terdapat bola-bola tepung ketan yang disebut ronde, yang biasanya berisi kacang tanah atau wijen. Wedang Ronde sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin, karena bisa menghangatkan tubuh dan memberikan rasa kenyang yang nyaman.

Dari nasi liwet yang kaya rempah hingga wedang ronde yang hangat, Solo menawarkan berbagai pilihan kuliner yang memanjakan lidah dan menggoda selera. Ketika mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk menjelajahi kekayaan kuliner tradisionalnya yang akan membuat pengalaman wisata Anda semakin berkesan.


Credit :
Penulis : F.Bilbina
Gambar Ilustrasi : by.Canva

Komentar

Nama

event,14,infrastruktur,23,kesehatan,20,kuliner,13,tokoh,16,wawasan,15,wisata,16,
ltr
item
Media Kota: Kelezatan Kuliner Kota Solo : Menjelajahi Ragam Wisata Kuliner
Kelezatan Kuliner Kota Solo : Menjelajahi Ragam Wisata Kuliner
Solo terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya yang lezat dan beragam.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLjLcLfn8qtFyWE5NmLfXaWgFpEGMToRYq3qi2dM8lQ9IhXDePDveJMUZMKCqFSfOiWV_QvVIIm-3bAme_BmBCE77_SeIaAEQf5cnLiqupsQUOwy0SLQRKnznsf2XumOjUIqRxcmtImZBZPqTsBJBa3ai2o-uoKFmebnsg1i5bN6B2FNIoTuttr8g2wAiX/w299-h199/images.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLjLcLfn8qtFyWE5NmLfXaWgFpEGMToRYq3qi2dM8lQ9IhXDePDveJMUZMKCqFSfOiWV_QvVIIm-3bAme_BmBCE77_SeIaAEQf5cnLiqupsQUOwy0SLQRKnznsf2XumOjUIqRxcmtImZBZPqTsBJBa3ai2o-uoKFmebnsg1i5bN6B2FNIoTuttr8g2wAiX/s72-w299-c-h199/images.jpg
Media Kota
https://www.kota.or.id/2024/02/kelezatan-kuliner-kota-solo-menjelajahi.html
https://www.kota.or.id/
https://www.kota.or.id/
https://www.kota.or.id/2024/02/kelezatan-kuliner-kota-solo-menjelajahi.html
true
4623503411944417875
UTF-8
Tampilkan semua artikel Tidak ditemukan di semua artikel Lihat semua Selengkapnya Balas Batalkan balasan Delete Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat semua MUNGKIN KAMU SUKA LABEL ARSIP CARI SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel yang anda cari Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec sekarang 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan lalu Fans Follow INI ADALAH KNTEN PREMIUM STEP 1: Bagikan ke sosial media STEP 2: Klik link di sosial mediamu Copy semua code Blok semua code Semua kode telah dicopy di clipboard mu Jika kode/teks tidak bisa dicopy, gunakan tombol CTRL+C Daftar isi