$type=grid$count=3$cate=0$rm=0$sn=0$au=0$cm=0 $show=home

Menikmati Kelezatan Kuliner Kota Semarang

BAGIKAN:

Kota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, merupakan tempat yang kaya akan budaya dan warisan kuliner yang lezat.


Kota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, merupakan tempat yang kaya akan budaya dan warisan kuliner yang lezat. Dengan perpaduan budaya Jawa, Tionghoa, dan Belanda yang kental, kota ini menawarkan beragam hidangan yang menggugah selera. Berikut adalah 10 kuliner khas Kota Semarang yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke sana:

10 Kuliner Khas Kota Semarang yang Wajib Dicoba

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah salah satu kuliner legendaris yang berasal dari kota ini. Terbuat dari kulit lumpia yang renyah dan diisi dengan rebung, telur, udang, dan daging ayam cincang, kemudian digoreng hingga keemasan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat lumpia Semarang menjadi makanan favorit banyak orang.

Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan irisan kubis, tauge, lontong, dan telur puyuh yang dimasak dengan bumbu kacang kental yang lezat. Hidangan ini sangat populer di Semarang dan sering dijajakan di warung-warung pinggir jalan.

Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah soto khas Semarang yang terkenal dengan kuahnya yang kental dan gurih. Daging ayam, tambahkan perkedel, sate usus, dan kerupuk sebagai pelengkap, membuat hidangan ini begitu nikmat dan cocok dinikmati kapan saja.

Mie Kopyok

Mie Kopyok adalah hidangan mie khas Semarang yang terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih, daging sapi, tauge, dan irisan daun bawang. Uniknya, mie kopyok ini memiliki tekstur yang kenyal dan agak transparan, karena terbuat dari tepung kanji.

Nasi Gandul

Nasi Gandul adalah makanan khas Semarang berupa nasi yang disajikan dengan kuah kental berbahan dasar santan dan daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan telur rebus, emping, irisan kentang, dan taburan bawang goreng.

Wingko Babat

Wingko Babat adalah jajanan khas Semarang yang terbuat dari campuran kelapa parut, gula merah, dan tepung beras yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang. Rasanya manis gurih dengan tekstur yang lembut dan kenyal membuatnya menjadi camilan favorit di kota Semarang.

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman hangat yang terdiri dari bola-bola tepung beras yang direbus kemudian disajikan dengan jahe, gula merah cair, dan irisan kacang tanah. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin atau hujan.

Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu adalah minuman segar yang terdiri dari dawet hitam (gelatin berwarna hitam yang terbuat dari tepung tapioka), santan, gula merah cair, dan es serut. Rasanya yang manis dan segar membuatnya menjadi minuman favorit banyak orang, terutama saat cuaca panas.

Pindang Serani

Pindang Serani adalah hidangan ikan asam pedas yang terkenal di Semarang. Ikan segar dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan asam segar, menghasilkan kuah yang gurih dan pedas yang sangat menggugah selera.

Selat Solo

Selat Solo adalah hidangan berupa sup daging sapi yang dimasak dengan kuah tomat yang kental, kemudian disajikan dengan irisan telur rebus, sosis, kentang, wortel, kacang polong, dan kadang-kadang tambahan bakso sapi. Rasanya yang kaya dan menggugah selera membuatnya menjadi menu favorit di berbagai restoran di Semarang.

Dengan keanekaragaman kuliner khasnya, Kota Semarang adalah surga bagi para pecinta makanan. Dari makanan ringan hingga hidangan utama, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang memuaskan selera Anda di kota ini. Jadi, jangan lewatkan untuk mencicipi 10 kuliner khas Kota Semarang yang telah disebutkan di atas saat Anda berkunjung ke sana!


Credit :
Penulis : F.Bilbina
Gambar Ilustrasi : by.Canva

Komentar

Nama

event,14,infrastruktur,23,kesehatan,20,kuliner,13,tokoh,16,wawasan,15,wisata,16,
ltr
item
Media Kota: Menikmati Kelezatan Kuliner Kota Semarang
Menikmati Kelezatan Kuliner Kota Semarang
Kota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, merupakan tempat yang kaya akan budaya dan warisan kuliner yang lezat.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6s9DxLL-xrJoSSsWgX9Pr_VTt1AdavtfWka4dFu_Iti3TF3Tn8wEy0D59E83znQoFq8WD6FIfMVjA15hoqCGYmaJKkYxhqZOzRl2J-eWd-a5B5b_bWAPhwToi1Nq4ynsyPVl-wz-wtqTk3oVEjkTHwXrXO8OxxUvTRLO2rXCwtpWpyQqRuwJbimiRutsn/w352-h197/download.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6s9DxLL-xrJoSSsWgX9Pr_VTt1AdavtfWka4dFu_Iti3TF3Tn8wEy0D59E83znQoFq8WD6FIfMVjA15hoqCGYmaJKkYxhqZOzRl2J-eWd-a5B5b_bWAPhwToi1Nq4ynsyPVl-wz-wtqTk3oVEjkTHwXrXO8OxxUvTRLO2rXCwtpWpyQqRuwJbimiRutsn/s72-w352-c-h197/download.jpg
Media Kota
https://www.kota.or.id/2024/02/menikmati-kelezatan-kuliner-kota.html
https://www.kota.or.id/
https://www.kota.or.id/
https://www.kota.or.id/2024/02/menikmati-kelezatan-kuliner-kota.html
true
4623503411944417875
UTF-8
Tampilkan semua artikel Tidak ditemukan di semua artikel Lihat semua Selengkapnya Balas Batalkan balasan Delete Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat semua MUNGKIN KAMU SUKA LABEL ARSIP CARI SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel yang anda cari Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec sekarang 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan lalu Fans Follow INI ADALAH KNTEN PREMIUM STEP 1: Bagikan ke sosial media STEP 2: Klik link di sosial mediamu Copy semua code Blok semua code Semua kode telah dicopy di clipboard mu Jika kode/teks tidak bisa dicopy, gunakan tombol CTRL+C Daftar isi